Opini Tentang Empay Pilar

Posted: April 26, 2013 in Opini
Tag:, ,

Amanat UU No 27/2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD pasal 15 ayat (1e) yakni mengkoordinasikan anggota MPR untuk memasyarakatkan UUD. Menyebutkan bahwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terdapat kesepakatan yang disebut sebagai empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

Nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar Negara dan ideologi nasional, harus dijadikan sebagai landasan pokok/fundamental bagi penyelenggaraan Negara Indonesia. Yang mana didalamnya terkandung nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, krakyatan, dan nilai keadilan.
Jelas dikandung bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religious bukan bangsa yang ateis. Juga mengakui adanya kebebasan dalam memeluk agama, dan menghormati kemerdekaan beragama.
Kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai moral hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu dengan semestinya. Kemudian, nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan menyangkut system pemerintahan dari rakyat,oleh rakyat, dan untuk rakyat.Yang menjadi tujuan Negara ini adalah mencapai keadilan bagi seluruh rakyat. Dimana masyarakat yang adil dan makmur. Kemudian, tujuan juga tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia

 

Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, menjadi tujuan khusus bangsa. Dengan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Tentunya, bangsa ini terbentuk atas wilayah, penduduk, pemerintahan, dan adanya pengakuan dari Negara lain. Sehingga menjadi NKRI. Demi NKRI apapun akan kita lakukan. Menjadi hal pokok yang harus dipertahankan,Sementara keberagaman yang menjadi kekayaan dan pemersatu bangsa ini diikat dalam Bhineka Tunggal Ika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s