Setelah saya membaca artikel yang berjudul Negara Adikuasa Pendidikan yang dibuat oleh Suyanto, saya menemukan beberapa hal yang cukup menarik yang ingin saya sampaikan. Artikel tersebut menyebutkan, pendidikan yang berkualitas akan mampu menempatkan negara dan bangsa bersangkutan berjaya dalam banyak hal. Sebutlah dalam bidang ekonomi, kesehatan, kemakmuran, daya saing, dan teknologi. Dari alasan tersebut hampir semua negara melakukan pembaharuan dalam bidang pendidikan.

Untuk melihat kualitas pembaharuan pendidikan suatu negara di seluruh dunia, Economist Intelligence Unit, Pearson telah menghasilkan data penelitian pendidikan global terbaru. Hasil penelitian itu kemudian disajikan dalam The learning Curve Report. Yang isinya dirancang untuk membantu para pembuat kebijakan pendidikan, tokoh pendidikan, dan akademisi jika mereka ingin melihat dan mengidentifikasi faktor penting apa saja yang bisa mendorong dan meningkatkan kualitas hasil pendidikan.

Selain itu The learning Curve Report menyajikan indeks global baru tentang keterampilan kognitif dan prestasi pendidikan suatu Negara yang mendasarkan dari tiga jenis penilaian.

Pertama, The programme For International Student Assessment. Penilaian difokuskan pada penguasaan bidang matematika, sains, dan membaca bagi siswa 15 tahun.

Kedua, The Trends in International Mathematics and Science Study. Penilaian internasional dalam mata pelajaran Matematika dan Sains bagi siswa kelas IV dan VIII.

Ketiga, The Progress in International Reading Literacy Study. Penilaian terhadap mata pelajaran membaca siswa kelas IV.

Dari penilaian diatas dihasilkan suatu peringkat indeks kualitas pendidikan. Dimana Finlandia dan Korea menduduki negara terbaik didunia dalam bidang pendidikan. Peringkat berikutnya diraih oleh Hongkong, Jepang, Singapura, Inggris, Belanda, Selandia Baru, Swiss, dan Kanada. Sementara peringkat terendah diduduki oleh Indonesia.

Sebenarnya apa faktor yang menjadikan Finlandia dan Korea menjadi Negara terbaik?. Menurut hasil laporan Studi Global The Learning Curve, ditemukan dua faktor universal yang sangat berpengaruh pada tingginya kualitas pendidikan di dua Negara tersebut.

Pertama, dimilikinya system pendidikan dan pengembangan profesi guru yang berkualitas tinggi.

Kedua, dimilikinya akuntabilitas yang tinggi pada system nilai dan ditegakkannya misi moral yang kuat yang melandasi semua upaya pengembangan pendidikan.

Jadi apa saja yang harus dilakukan negara kita (Indonesia) agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan?. Mungkin langkah awal yang harus dilakukan, yaitu dengan membangun manajemen yang cocok dan relevansi dengan system nilai, kultur, dan budaya yang kita miliki. Kemudian pengeluaran pemerintah dalam sektor pendidikan, tingkat pendidikan guru, dan tingkat literasi lebih diperhatikan dan ditingkatkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s