Situ Bagendit adalah salasatu situ yang berada di garut, lebih tepatnya terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat,

Situ Bagendit adalah salasatu situ yang berada di garut, lebih tepatnya terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat,

Situ Bagendit adalah salasatu situ yang berada di garut, lebih tepatnya terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Situ Bagendit pada mulanya mempunyai kedalaman 8 meter. Namun pada saat gunung galunggung meletus, kedalaman situ berkurang. Hal ini terjadi karena pasir yang diletuskan gunung galunggung sebagaian masuk kedalam situ, yang mengakibatkan keadaan air jadi berkurang. Bukan hanya itu saja, kedalaman air berkurang di karenakan bendungan yang biasanya di jadikan tempat pengukur, keluar masuknya air, kini sudah tidak seefektif dulu. Bendungan bisa dikatakan sudah rusak. Jadi air yang mengalir keluar dengan derasnya.

Walaupn keadaan situ sudah berkurang, keindahan situ bagendit masih bisa di nikmati. Keadan situ yang tenang, udara yang masih segar, serta fasilitas hiburan yang terdapat di sini cukup lengkap. Hanya dengan Rp.15.000,- pengunjung sudah bisa berputar – putar mengelilingi situ menaiki becak air selama 30 menit. Sebenarnya masih ada lagi yang lebih murah untuk berjalan-jalan mengelilingi situ bagendit yaitu menggunakan rakit, ongkos perjalanan hanya Rp.4000,-. Namun untuk alternative ini, Anda diharuskan menunggu sampai penumpang rakit berjumlah 20 orang. Selain fasilitas tadi situ bagendit mempunyai kereta untuk berjalan-jalan memutari daratan bagendit, balon air, beberapa kano, dan perahu-perahu kecil.

Bagi Anda yang mempunyai hobi memancing situ bagendit pun bisa di jadikan tempat tujuan. Selain untuk berlibur, ternyata banyak juga orang-orang yang datang ke situ bagendit hanya untuk memancing

Menurut Yendi(49) KASUBAG PU, Situ Bagendit mempunyai banyak spesies ikan, seperti Ikan Nila, Ikan Parai Panjang, Ikan Gabus, Ikan Nilem, Ikan Mujair bagendit , serta ikan jangjolong, walaupun menurut warga sekitar ikan jangjolong sudah sangat sulit ditemukan, bahkan akhir-akhir ini sudah tidak ditemukan di situ bagendit.

Selain keadaan alam yang sangat indah, situ bagendit juga mempunyai legenda yang cukup unik. Walaupun legenda situ bagendit banyak versinya. Dan uniknya antara versi satu dan lainnya hamper tidak berhubungan. Setelah saya riset kelapanganpun legenda situ bagendit yang dikatakan masayarakat sekitar sangat banyak versinya.

Mulai dari cerita tentang hukuman janda kaya yang di tenggelamkan, kemarahan raja  asem jaya yang memerintah kerajaan suka maju, ataupun tentang kerajaan lembang yang diperintah R.Arya Adipati Adiwijaya,  juga yang mengatakan situ bagendit di buat belanda saat jaman penjajahan dulu. Jadi untuk sejarah masih menjadi misteri. Siapakah yang akan menemukan legenda sejatinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s